Kunjungan Industri (Jabar)

April 17, 2009 | Uncategorized  |  Comments Off on Kunjungan Industri (Jabar)

Sungguh menakjubkan… provinsi Jawa Barat.

Selama 3 hari mulai senin hingga rabu kemarin saya mengikuti kunjungan industri Jurusan Teknik Pertanian, FTP UGM ke Provinsi Jawa Barat. Sungguh banyak pengalaman yang masih terekam dibenak saya…

Pada awalnya dengan semangat yang membara, saya beserta rombongan yang berjumlah 9 orang berangkat dari Fakultas TP jam 8.45 WIB. Bis melaju dengan secara perlahan menyisiri jalur selatan pulau jawa menuju lokasi. Tujuan pertama adalah kota kembang (bandung). Kami begitu ceria melihat pemandangan alam yang sungguh indah dimana tanaman masih menghijaukan areal persawahan di kanan-kiri jalan, suatu pemandangan yang jarang saya lihat, ternyata jauh lebih indah dan damai lebih dari sekedar melihat wallpaper di PC.

Begitu senangnya suasana itu sampai tidak ada yang merasa kelelahan menempuh perjalanan jauh tersebut. Aku berbisik dalam anganku tentang rencanaku ketika tiba di kota tersebut. Aku selalu ingat tentang kemegahan kota tersebut, ada gedung sate yang amat bersejarah, ada kota kuna, ada pusat perbelanjaan, dan ada universitas ternama. Pikirku kalo sampai disana nanti kita bisa berkunjung ke tempat-tempat tersebut (walaupun bukan tujuan utama, namun keinginan tetap tak bisa dilekan)..

Sampai suatu saat perjalanan sampai di Ciawi, kita berhenti.. eh nengok jam ternyata sudah menunjukan pukul 17.00. Wah ternyata sudah sore menjelang malam, sedikit keraguan tentang harapanku bisa ke gedung sate. Lalu aku menengok ke kanan-kiri, ternyata ada rambu yang menyebutkan bahwa jarak ke kota Bandung tinggal 80 km, wah satu jam nyampe pikirku…

Harapanku tandas pula ketika hujan menyelimuti perjalanan kami yang menyebabkan jalanan macet, tapi tetap berharap dibenaku semoga perjalanan lancar… lambat laun perjalanan kami sampai juga di kota Bandung, pikirku. Eh ternyata masih jauh sekitar sejam lagi (saat itu jam menunjukan pukul 19.00). Wah tidak bisa main nih… padahal besok harus pergi pagi-pagi menjalankan tugas. eh ternyata benar begitu sampai di lokasi hotel yang dituju dengan susah payah hujan masih belum juga reda..akhirnya kami memutuskan untuk membatalkan rencana mengunjungi tempat bersejarah tersebut…

Keesokan harinya sesuai jadwal kami melanjutkan tugas untuk melaksanakan kunjungan ke POLMAN Bandung, walaupun malamnya gagal berkeliling kota, namun kali ini terbayarkan juga. Bis yang kami tumpangi menisiri jalanan kota yang memaparkan keindahannya…